Kolaborasi Satgas Yonif 310/KK dan Masyarakat Mengatasi Krisis Air di Kampung Ubrub

  • Bagikan
Kolaborasi Satgas Yonif 310/KK, Krisis Pasokan Air, Kampung Ubrub Papua, Penyediaan Air Bersih, Sukses Kolaborasi Militer dan Masyarakat

KEEROM, KATAFAKTA.COM — Di Kampung Ubrub, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, berhasil dilakukan upaya sukses dalam memenuhi pasokan air bersih pada tanggal Rabu (23/8/2023). Kolaborasi antara anggota Satuan Tugas (Satgas) Yonif 310/KK dan komunitas lokal di daerah perbatasan berhasil mengatasi kendala ini.

Selama satu minggu terakhir, penduduk Kampung Ubrub di Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih akibat penyumbatan pada sumber air utama mereka, yakni mata air. Kondisi ini memaksa warga turun ke sungai untuk memperoleh air. Tanggapan atas situasi tersebut datang dari Satgas Yonif 310/KK, yang mengambil inisiatif untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Komandan Satgas Yonif 310/KK, Letkol Inf Andrik Fachrizal, mengonfirmasi bahwa personel dari Pos Ubrub ikut serta dalam memberikan bantuan kepada warga dalam menangani masalah ini. “Kami berkomitmen untuk terus mendukung warga di wilayah perbatasan menghadapi tantangan-tantangan yang muncul,” kata Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Kapten Inf Dicky Dian Saputra, S.T.Han, yang juga menjabat sebagai Komandan Kompi 2 dan Komandan Pos, menjelaskan bahwa mata air tersebut menjadi satu-satunya sumber air bagi penduduk di Kampung Ubrub. Meskipun akses menuju lokasi mata air ini tidaklah mudah, dengan perjalanan sepanjang 2 kilometer melalui jalur setapak berbatu dan sungai kecil, upaya untuk memulihkan pasokan air bersih terus dilakukan. Lokasi tersebut menunjukkan bahwa aliran air terhambat oleh lumpur, ranting pohon, dan tumpukan sampah.

“Personel Satgas bekerja bersama warga untuk membersihkan mata air dan memperbaiki saluran air yang rusak. Dengan kerja keras ini, aliran air berhasil dipulihkan,” jelas Kapten Dicky.

Seorang tokoh masyarakat di Kampung Ubrub bernama Yance Wali (53) juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas upaya yang dilakukan oleh Satgas Yonif 310/KK. Ia sendiri turut berpartisipasi dalam kegiatan pembersihan dan merasa gembira karena pasokan air bersih telah berhasil dikembalikan.

Melalui langkah konkret ini, kerja sama antara Satgas Yonif 310/KK dan masyarakat setempat berhasil mengembalikan pasokan air bersih bagi warga Kampung Ubrub. Keberhasilan ini menunjukkan kesatuan dalam menghadapi tantangan lingkungan yang dihadapi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *