banner 728x250

Yonif 301/Pks Sumedang Tingkatkan Ketahanan Pangan Melalui Urban Farming

  • Bagikan
Yonif 301/Pks, Ketahanan Pangan, Stabilitas Nasional, Sumedang, Urban Farming
banner 468x60
banner 468x60

SUMEDANG, KATAFAKTA.COM — Kegiatan Panen Hasil Kebun Ketahanan Pangan Yonif 301/Pks bertempat di kebun Ketahanan Pangan yonif 301/Pks pada Minggu (27/08/2023).

Dalam kegiatan ini Komandan Batalyon Infanteri Raider 301/Pks Mayor Inf Henggar Tri Wahono S.H.,M.H. beserta anggota, langsung di lokasi dengan hasil panen Sosin yang di kelola langsung oleh anggota Yonif Raider 301/Pks

banner 336x280

Pangan merupakan kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat. Hak untuk memperoleh pangan merupakan salah satu hak asasi manusia, sebagaimana tersebut dalam pasal 27 UUD 1945 maupun dalam Deklarasi Roma (1996). Pertimbangan tersebut mendasari terbitnya UU No. 7/1996 tentang Pangan.

Sebagai kebutuhan dasar dan salah satu hak asasi manusia, pangan mempunyai arti dan peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. Ketersediaan pangan yang lebih kecil dibandingkan kebutuhannya dapat menciptakan ketidak-stabilan ekonomi.

Berbagai gejolak sosial dan politik dapat juga terjadi jika ketahanan pangan terganggu. Kondisi pangan yang kritis ini bahkan dapat membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas Nasional Bagi Indonesia, pangan sering diidentikkan dengan beras karena jenis pangan ini merupakan makanan pokok utama.

Pengalaman telah membuktikan kepada kita bahwa gangguan pada ketahanan pangan seperti meroketnya kenaikan harga beras pada waktu krisis ekonomi 1997/1998, yang berkembang menjadi krisis multidimensi, telah memicu kerawanan sosial yang membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas Nasional.

Nilai strategis beras juga disebabkan karena beras adalah makanan pokok paling penting. Industri perberasan memiliki pengaruh yang besar dalam bidang ekonomi (dalam hal penyerapan tenaga kerja, pertumbuhan dan dinamika ekonomi perdesaan, sebagai wage good), lingkungan (menjaga tata guna air dan kebersihan udara) dan sosial politik (sebagai perekat bangsa, mewujudkan ketertiban dan keamanan). Beras juga merupakan sumber utama pemenuhan gizi yang meliputi kalori, protein, lemak dan vitamin.

Komandan Yonif Raider 301/Pks Mayor Inf Henggar Tri Wahono S.H.,M.H mengungkapkan apresiasinya terhadap Anggota Yonif Raider 301/Pks, saya berterima kasih kepada rekan rekan anggota sekalian bersama – sama untuk menjalankan arahan kita selaku komandan berkenaan dengan intruksi mantan panglima Kodam III/Slw bapak Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo berbicara tentang Ketahanan Pangan, daerah pedesaan ini yang kita sebut Urban Farming.

Urban Farming ini adalah bagaimana kita bisa melakukan penanaman pangan untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat hari – hari, dan ketika ini bisa berhasil dengan baik, ini bisa kita jual ke pasar dan sebagainya. “Ini yang dimaksud dengan kebutuhan hari – hari” Ini adalah menjaga stabilitas ketahanan pangan yang ada di wilayah kabupaten sumedang ini, ini salah satu contoh yang perlu kita sampaikan, dan kami hari ini menyampaikan kepada warga masyarakat juga”. tutupnya

banner 336x280
banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *