banner 728x250

Indonesian Planters Society (IPS) Mendorong Planters Indonesia Naik Kelas Melalui Seminar Nasional Planter Indonesia (SNPI)

  • Bagikan
banner 468x60
banner 468x60

JAKARTA, KATAFAKTA.COM – Indonesian Planters Society (IPS) adalah organisasi profesi para Planters Indonesia yang telah berbadan hukum dengan SK Menkumham RI Nomor AHU-0007108.AH.01.07 Tahun 2018 Tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan INDONESIAN PLANTERS SOCIETY. Salah satu program unggulan Indonesian Planters Society (IPS) adalah Seminar Nasional Planter Indonesia (SNPI) yang pelaksanaannya dilakukan per 2 tahun.

Pada tahun 2024, Indonesian Planters Society (IPS) akan mengadakan Seminar Nasional Planter Indonesia yang ke-3 dengan tema “Penerapan Inovasi Terkini Untuk Meningkatkan Produktivitas Kelapa Sawit dan Menuju Sawit BAIK”. Rencana SNPI 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 Mei 2024 di Hotel Discovery Ancol Jakarta.

banner 336x280

Indonesian Planters Society (IPS) memberikan informasi penerapan inovasi terbaru pada industri perkebunan Kelapa Sawit Indonesia. Ketua DPP Komite Organisasi dan Keanggotaan IPS Darus Salam sekaligus Ketua Panitia SNPI 2024 menyebutkan, salah satu langkahnya adalah melalui Seminar Nasional Planter Indonesian (SNPI). Dalam seminar ini, IPS merangkul seluruh planters di Indonesia untuk melakukan update perkembangan penerapan inovasi untuk perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan.

“Banyak perusahaan atau perkebunan belum memiliki semangat dan komitmen dalam menerapkan inovasi mekanisasi dan teknologi, sehingga penerapan inovasi hanya berlangsung sesaat. Ini yang menjadi perhatian karena tak memiliki konsep,” ujar Darus Salam dikutip dari wawancara dengan
Media Perkebunan, Jum’at (19/4/2024).

Melihat fenomena ini, IPS mencoba untuk menularkan semangat dan komitmen perkebunan kelapa sawit berkelanjutan yang sudah terealisasi dan diterapkan pada beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Adapun cara yang dilakukan seperti memperbaiki mekanisme atau teknis kerja dan mengembangkan inovasi terbaru yang akan dibahas pada kegiatan SNPI 2024.

Ia menambahkan, dalam seminar IPS juga akan menghadirkan narasumber Planters Professional dari beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit Nasional terdiri dari Sampoerna Agro, Sipef Group, Minamas, Gandaerah Hendana & Inecda, PalmCo (PTPN IV), Teladan Prima Agro, Wilmar, Sime Darby, Socfindo, Astra Agro Lestari & Bumitama Gunajaya Agro. SNPI juga menghadirkan narasumber dari Planters Indoensia yang berada di luar negeri, khusus di Afrika dari perusahaan Plantations et Huileries Du Congo (PHC) dan Okomu PLC Nigeria (Socfin Group).

Melihat Mekanisasi dan Teknologi perkebunan yang terus berkembang, Darus Salam mengharapkan Planters Indonesia dapat mengikuti ritme perkembangan zaman, khususnya mekanisasi dan teknologi perkebunan masa kini, bahkan Inovasi yang sudah ada dapat dimodifikasi atau dikolaborasikan menjadi inovasi terbaru untuk perkebunan kelapa sawit.

“SNPI 2024 memberikan suatu materi yang membahas teknis atau penerapan Mekanisasi dan Teknologi Terbaru yang sudah diterapkan di beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit, bukan hanya teori saja. Mungkin beberapa planters mengenal ilmu sawit hanya itu-itu saja, padahal seiring berkembangnya zaman, maka otomatis ilmu teknis kelapa sawit akan mengalami perkembangan dan pada SNPI 2024, para planters akan saling bertemu untuk saling update perkembangan inovasi,” pungkasnya.

banner 336x280
banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *