Sektor 7 Citarum Harum dan Masyarakat Baleendah Bersinergi dalam Kegiatan Karya Bakti Lingkungan

  • Bagikan
Sektor 7 Citarum Harum, Karya Bakti, Sinergi Masyarakat, Kebersihan Lingkungan, Baleendah

KAB. BANDUNG, KATAFAKTA.COM — Dalam upaya mewujudkan rencana aksi yang bertujuan untuk mengubah mindset warga dalam menjaga kebersihan lingkungan, Satuan Tugas (Satgas) Sektor 7 Citarum Harum telah berhasil membangun sinergi yang semakin kuat dengan masyarakat.

Pada hari Minggu (06/08/23), Sektor 7 melaksanakan kegiatan Karya Bakti (Karbak) bersama masyarakat di wilayah RW. 04 Kp. Bojongsayang, Desa Rancamanyar, Baleendah. Kegiatan ini melibatkan masyarakat dalam membersihkan rumput liar dan parit yang telah menjadi sumber permasalahan lingkungan.

Dalam pengamatan yang dilakukan oleh Satgas dan masyarakat, pembersihan dilakukan sepanjang 150 meter dan berhasil mengumpulkan sebanyak 200 Kg sampah. Jenis sampah yang dominan terdiri dari rumput, daun, dan plastik.

Apel pembukaan kegiatan dipimpin oleh Dansub 3 Peltu Jumain, yang memberikan motivasi dan arahan kepada anggota Satgas dan warga. Jumain menekankan pentingnya menjaga keselamatan dan kesehatan selama pelaksanaan kegiatan.

Dalam kesempatan tersebut, Peltu Jumain menjelaskan bahwa Karbak merupakan bagian dari program komunikasi sosial yang bertujuan untuk memberikan himbauan kepada warga agar menjaga dan merawat lingkungan agar tetap bersih. Ia menyatakan, “Kami ingin membangun rasa kebersamaan dan semangat gotong royong, di mana kepedulian nyata tercermin dalam tindakan, bukan hanya kata-kata.”

Jumain juga menyoroti pentingnya lingkungan yang bersih untuk menjaga kesehatan. Lingkungan yang kotor dapat menjadi tempat berkembangnya penyakit, termasuk melalui bau yang tidak sedap serta populasi nyamuk dan lalat.

“Oleh karena itu, kegiatan Karya Bakti yang kita laksanakan hari ini bukanlah sekadar upaya sebentar, tetapi akan menjadi bagian dari program rutin. Selain memperkuat hubungan baik dengan masyarakat, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan,” tegasnya.

Dengan adanya kegiatan seperti Karbak ini, diharapkan bahwa semakin banyak warga yang akan berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan, mewujudkan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman untuk semua.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *