banner 728x250

Generasi Muda Perlu Dikenakan Wawasan Kebangsaan dan Belanegara

  • Bagikan
banner 468x60
banner 468x60

BANDUNG, Katafakta.com – Wawasan Kebangsaan dan Belanegara perlu dikenalkan kepada generasi muda agar mereka paham dalam mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut disampaikan, Danramil 2408/Ciparay-Baleendah Kapten Inf Aang Purtoni saat memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Belanegara pada Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKBMB) di Universitas Bale Bandung (UNIBBA) sebagai Implementasi Tugas Pokok Satuan Komando Kewilayahan dibidang Bintahwil, yang diikuti oleh para mahasiswa dan mahasiswi dengan jumlah kurang lebih 556 orang, Selasa (12/9/2023).

banner 336x280

Pada kesempatan tersebut, Kapten Inf Aang Purtoni menyampaikan Perbedaan Pasal 30 ayat 1 dan Pasal 27 ayat 3 yang mendasar ialah objek dari hak dan kewajiban dari kedua pasal. Pada Pasal 27 ayat 3 mengatur tentang bela negara, sedangkan Pasal 30 ayat 1 mengatur tentang pertahanan dan keamanan negara. Bela negara merupakan tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang dilandasi kecintaan pada Tanah Air serta kesadaran berbangsa dan bernegara dalam menjaga kedaulatan NKRI dari berbagai ancaman. Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara diselenggarakan dengan melalui :

a Pendidikan kewarganegaraan. 
.b. Pelatihan dasar kemiliteran secara wajib.
c. Pengabdian sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara sukarela atau secara wajib.
d. pengabdian sesuai dengan profesi.

Pada bela negara, seluruh warga negara berhak dan wajib ikut serta pada pertahanan negara, warga juga berhak dan wajib ikut serta. Namun sistem pertahanan negara ini kekuatan utamanya ialah TNI dan Polri kemudian rakyat sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung yang disiapkan untuk dimobilisasi dalam rangka kepentingan Pertahanan Negara.

banner 336x280
banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *