SOKSI dan Warkopin bantu kebutuhan sembako murah untuk masyarakat melalui SMS. Bagaimana caranya?

katafakta.com Sebarkan Fakta Cerdaskan bangsa 26/09/2022 26 September 2022 https://katafakta.com

Jakarta, (KATAFAKTA) – Warung Koperasi Indonesia (Warkopin) bekerjasama dengan Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) VIII DKI Jakarta gelar kegiatan SOKSI Peduli. Kegiatan SOKSI Peduli kali ini yakni mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk lebih memahami koperasi Sembako Murah Soksi (SMS) dan keuntungannya.

“SOKSI kali ini ingin lebih peduli lagi kepada masyarakat terhadap ekonomi rakyat, apalagi lagi belakangan ini akibat dampak pandemi Covid-19 daya beli masyarakat turun. Namun disisi lain kebutuhan hidup sehari-hari harus terus berjalan. Nah, disinilah SOKSI ingin ikut berpartisipasi dan berbagi untuk memenuhi kebutuhan seperti sembako melalui koperasi,” jelas Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI, Ali Wongso Sinaga kepada awak media usai kegiatan di Rumah Aspirasi SOKSI, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (01/06/2022).

Oleh karena itu katanya, SOKSI mengajak tokoh masyarakat untuk membantu mensosialisasikan dan mengajak warganya ikut bergabung di Koperasi SMS yang merupakan hasil kerjasama antara Warkopin dengan SOKSI.

“Banyak keuntungan yang akan didapat bila bergabung disini, karena kami akan menyiapkan beberapa kebutuhan bahan pokok seperti beras, minyak goreng dan gula putih dengan harga pasti lebih murah dari harga pasar. Jadi, harga beli dari peserta SMS ini dan ini akan membuat daya beli masyarakat dengan harga terjangkau. Ini bisa menghemat, dan Ketua RW dan Ketua RT menyambut dengan penuh antusias. Kita akan mulai dari kelurahan Bukit Duri kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, lalu akan kita kembangkan keseluruh Jakarta dan nanti pada waktunya akan ikut daerah-daerah lain, seperti Jawa Barat, Banten termasuk luar Jawa,” beber Ali.

Ia menambahkan, teknis dalam pelaksanaan koperasi SMS ini nantinya akan dikoordinir oleh korlap yang dibantu dengan Ketua RW atau RT.

“Yang penting diketahui, untuk bisa melaksanakan program SMS tidak perlu jadi anggota koperasi, tapi wajib jadi anggota SOKSI,” kata Ketum SOKSI.

Sementara, Ketua Warkopin, Dedi Mulyono menyampaikan, dirinya telah menganalisis diperlukan 200 – 300 anggota per-kelompok paling kecil (tingkat RT/RW, red) tapi juga tergantung wilayah yang akan diatur oleh korlap bersama Ketua RW.

“Teknis pelaksanaan nanti akan diatur sedemikian rupa. Dan terkait pengadaan barang tersebut kami (Warkopin, red) akan mendapatkan dari pabrik dengan jumlah sedapat mungkin yang besar tergantung kebutuhan. Teorinya begitu, beli jumlah besar, dibayar didepan dan akan dapat harga murah dan langsung akan dijual ke warga. Dan ini jelas akan sangat membantu masyarakat,” ujar Dedi yang juga Bendahara Umum SOKSI ini.

Lebih lanjut katanya, bagi para peserta/anggota Koperasi SMS nantinya akan memesan melalui sistem aplikasi yang sudah dipersiapkan. Aplikasinya hampir sama dengan yang sudah beredar(e-commerce) hanya bedanya Koperasi SMS memakai sistem Transaksi Tertutup.

“Jadi kalau ingin melakukan transaksi harus menjadi anggota dulu, siapa saja bisa menjadi anggota koperasi asal dia juga menjadi anggota SOKSI. Dalam transaksi harus bayar cash dan nanti juga ada sistem bagi hasil yang fair. Ini satu revolusi industri di mana dapat memanfaatkan teknologi dan berdampak baik terhadap masyarakat, yakni merubah mindset masyarakat bahwa semuanya bisa menggunakan teknologi/melek teknologi,” harapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) VIII SOKSI DKI Jakarta Edy Rudiyanto menambahkan, dirinya mengungkapkan terimakasih kepada Depinas SOKSI yang telah membuat program yang sifatnya untuk kesejahteraan dan meningkatkan ekonomi masyarakat dan tentunya pengurus Depidar DKi Jakarta akan terus mendukung.

“Depidar VIII SOKSI DKI Jakarta yang terdiri dari 6 Depicab siap mendukung, apalagi program ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, apalagi 2 tahun lebih ekonomi masyarakat sangat terpukul. Dan peran Warkopin yang membantu untuk pengentasan ekonomi di masyarakat. Ini sebagai media untuk menjadi sinergitas kepada masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Salah seorang Ketua RT 003/01 Kelurahan Bukit Duri Kecamatan Tebet, Fifi Sofia menyambut baik program yang digulirkan SOKSI dan Warkopin.

“Saya sangat setuju dan mendukung dengan program ini, karena program ini sangat bagus dan akan saya sampaikan ke warga. Saya akan menyiapkan data-data pribadi mereka yang akan bergabung di Koperasi SMS,” imbuhnya.

Reporter : Is Idris
Editor : Redaksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.