Walau Masih Baru, DPC Gercin Kota Depok Sudah Banyak Lakukan Kegiatan Sosial dan Siap Bersinergi Dengan Pemkot

  • Bagikan

Depok (KATAFAKTA) – Setelah di deklarasikan pada tanggal 20 Maret 2021 lalu di Balai Rakyat Depok, Organisasi Masyarakat (ormas) Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (DPC Gercin) Kota Depok sudah menjadi bagian dari pemerintah dan masyarakat.

“Alhamdulillah, sebelum deklarasi pada bulan Februari ditahun yang sama, kami mendaftarkan keberadaan ke Kesbangpol Kota Depok dan sudah dapat Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Malah, pada hari Jum’at (31/12/2021, red) Kesbangpol juga sudah survei ke Sekretariat DPC Gercin terkait kegiatan apa saja yang sudah dilakukan DPC Gercin selama satu tahun ini,” jelas Ketua DPC Gercin Kota Depok Dhena Rohmawati Dewi saat dihubungi melalui telepon selulernya, Sabtu (01/01/2022).

Dhena memaparkan, usai di deklarasikan DPC Gercin Kota Depok terus melakukan gebrakan aksinya seperti pada bulan ramadhan, Srikandi DPC Gercin kota Depok ikut berpartisipasi memperingati Hari Kartini dengan membagikan takjil pada tanggal 27 April 2021 yang juga bertepatan HUT Kota Depok ke -22. Usai Hari Raya Idul Fitri, DPC Gercin Kota Depok gelar Halal bi Halal dan Syukuran nenempati Sekretariat DPC Gercin Kota Depok, 26 Mei 2021.

“Saya akui, dimasa pandemi ini kegiatan juga belum banyak. Namun, kami tetap ingin berpartisipasi seperti pembagian masker standar medis bantuan dari BNPB melalui DPN Gercin yang dibagikan bagi pengguna angkutan Kereta Api yang bekerjasama dengan Stasiun Depok Baru, GDC dan Pasar Kemiri Muka. Kegiatan ini kami lakukan pada tanggal 22 Desember 2021, bertepatan dengan Hari Ibu. Kita juga melaksanakan kegiatan Jum’at Barokah bersama Yatim Piatu dan Dhuafa di Ponpes Tazkiyatun Nufus,” ujar Dhena kepada Katafakta.com.

Selain itu katanya, pada 5 Oktober 2021, tepat pada HUT TNI ke 76, pihaknya mengajak/mengarahkan pengurus, anggota DPC Gercin dan masyarakat Kota Depok mengikuti program vaksinasi di Kodim 0508 Kota Depok dan gabungan Brigif PR Kujang 1 di Kelapa Dua, Cimanggis, Depok.

“Intinya, kami ormas DPC Gercin Kota Depok siap mendukung Program Pemerintah seperti program vaksinasi 1 dan 2 dalam menangani Covid-19,” ungkapnya.

Terkait penanganan pandemi oleh pemerintah kota Depok, dikatakan bagus namun masih kurang maksimal, sebab pelaksanaanya tidak seperti di kota lain seperti contoh di Kota Bandung yang bagus, karena pemerintahnya.

Ditegaskan, ormas DPC Gercin benar-benar organisasi mandiri, tidak dapat anggaran dari pemerintah, namun pihaknya berusaha bagaimana ada kegiatan dengan bantuan dari donatur dan anggota.

“Sejauh ini, selama beberapa bulan berdiri, DPC Gercin belum ada kerjasama dengan ormas-ormas lain, tapi rencana kedepan sudah ada dalam program,” imbuhnya.

Masih kata Dhena, selain program diatas, DPC Gercin Kota Depok juga sudah melaksanakan rapat kerja dua minggu lalu dalam rangka membahas segera dibentuknya pengurus struktural di tingkat Kecamatan dan Kelurahan, yaitu 11 DPAC dan 63 DPRan dalam rangka menunjang roda organisasi.

“Rencananya pada satu tahun usia DPC Gercin Kota Depok seluruh pengurus DPAC kota Depok akan dideklarasikan secara serentak dan akan melaksanakan pelatihan untuk kader Gercin. Ini adalah salah satu program terdekat,” terangnya.

Dikesempatan itu juga, Dhena menjelaskan bahwa saat ini anggota DPC Gercin Kota Depok ada 40 orang yang berasal berbagai unsur, termasuk dari kader partai politik. Dengan Visi dan Misi Nasionalis mengawal 4 Pilar Kebangsaan untuk membentuk kekompakan dan loyalis, jangan sampai terpengaruh provokatif dan menjadikan organisasi yang mandiri dan tidak menilai sesuatu dengan materi, serta mendukung dan bersinergi dengan program pemerintah. Kalaupun mau cari materi melalui jalan yang baik dan benar sesuai dengan AD/ ART Gercin.

“Saya ada di dalam keluarga besar Gerakan Rakyat Cinta Indonesia, karena berawal dirinya bagian yang pernah berkecimpung di relawan dan ini yang mendorong DPN membentuk DPC Gercin Kota Depok atas arahan ibu Titi Zein selaku Wakil Ketua Umum atau Waketum DPN Gercin Indonesia dan ditunjuklah saya sebagai Ketua,” ungkap Dhena.

Masih kata Dhena, terbentuknya DPC Gercin kota Depok, nantinya juga akan ikut berpartisipasi dan mendukung dalam ajang demokrasi pemilu, seperti pilpres dan lainnya dan ormas ini arahnya ke tahun 2024. Namun saat ini kita masih fokus dalam kegiatan sosial kemasyarakatan untuk membantu masyarakat kota Depok dalam mendukung perekonomian, seperti pelaku UMKM.

“Ormas Gercin sebenarnya juga bagian dari Partai Cinta Indonesia (PCI), dimana Ketua Umum Partai juga Ketua Umum Ormas tersebut yakni Bapak Hendrik Yance Udam,” ucap Dhena yang juga Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana, Kependudukan dan Perlindungan Anak di Dewan Pimpinan Pusat Partai Cinta Indonesia (DPP PCI).

Namun begitu katanya, anggota Ormas Gercin khususnya Kota Depok ada yang berlatar belakang berbagai partai, Gercin tetap ormas, dan tidak harus menjadi bagian dari partai dan mereka diberikan kebebasan.

Pewarta : Is Idris
Editor : Redaksi

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *