Dua bulan terakhir, tenaga kerja di PT Fortuna Mustika Citra, aktif kembali

  • Bagikan

DEPOK, KATAFAKTA.COM – Salah satu perusahaan garmen yang berlokasi di Cilangkap, Kota Depok, PT Fortuna Mustika Citra dimasa pandemi ini, kondisi perusahaan sudah agak terkendali, artinya order sudah mulai masuk, progress kedepan sudah agak baik. Tenaga kerja juga sudah mulai stabil masuk kerjanya selama 5 hari (Senin – Jum’at, red), dimana sebelumnya tenaga kerja hanya beraktifitas produksi dalam satu minggu hanya 2 hari.

“Bahkan dalam dua bulan ini agak keteteran juga tenaga kerjanya, pekerja-pekerja yang kemarin-kemarin dirumahkan, sekarang sudah mulai di tarik kembali,” ucapnya kepada wartawan, Senin (11/10/2021).

Tarjono menjelaskan, saat ini jumlah tenaga kerja di PT Fortuna Mustika Citra berjumlah 430 orang dan yang masuk ke Serikat KEP SPSI ada 40 orang. Perlu diketahui, tenaga kerja di PT Fortuna masih awam terkait hukum.

“Disini, sempat ada dua serikat, yakni grup SPSI dan KSPI. Yang memimpin KSPI salah bekas Sekretaris SP SPSI. Awalnya SPKEP SPSI berdiri, namun setelah berjalan 3 bulan, sekretaris SPKEP SPSI membelot dan membentuklah SPKEP KSPI. Karena tidak sependapat, keinginan mereka saat itu, ingin yang instan,” ujar Tarjono.

Kembali dijelaskan, PUK berdiri baru 2 tahun, dan UMK sekarang baru mencapai 3,5 juta. Sedangkan status semua tenaga kerja adalah kontrak, termasuk dirinya yang sudah hampir 11 tahun bekerja di PT Fortuna tapi statusnya masih kontrak. Namun begitu, hubungan antara manajemen dengan SPKEP SPSI cukup baik, malah saat pihaknya memohon pertimbangan terkait THR, manajemen mengabulkan dan bukan hanya anggota saja.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *