Membangun Ketahanan Pangan Berkat Dukungan Pangdam III/Slw : Sektor 6 Satgas Citarum Harum Siap Tanam Jagung di Oxbow Bale Endah

  • Bagikan

KAB. BANDUNG, LENSAJABAR.COM – Dalam upaya memastikan ketahanan pangan yang berkelanjutan bagi masyarakat, Sektor 6 Satgas Citarum Harum telah memperoleh dukungan berharga dari Pangdam III/Slw dengan memperoleh Bios 44DC, Kabupaten Bandung (12/8/2023).

Kolonel Infanteri Yanto Kusno Hendarto, selaku Dansektor 6 Satgas Citarum Harum, telah menjelaskan rencana dan tujuan mereka dalam sebuah wawancara eksklusif. Ketahanan pangan, sebagai kondisi utama terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga, menjadi fokus utama pemerintah di tahun 2023.

Dalam pandangan Kolonel Infanteri Yanto Kusno Hendarto, mengatakan, ketahanan pangan tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik dari segi jumlah maupun mutu, dengan aspek keamanan, keterjangkauan dan penyebaran yang merata.

Sektor 6 Satgas Citarum Harum, yang bergerak di wilayah Jawa Barat, telah mengambil inisiatif penting dengan memanfaatkan dukungan Bios 44DC yang diberikan oleh Pangdam III/Slw.

“Dukungan Bios 44DC ini memungkinkan kami untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian kami di sekitar oxbow Bale Endah,” jelas Dansektor.

Saat ini, tim Sektor 6 sedang mempersiapkan lahan seluas 500 m2 di oxbow Baleendah untuk ditanami jagung. Mereka memiliki target ambisius untuk menanam jagung di lahan seluas 2000 m2. Keputusan untuk menanam jagung didasarkan pada pemahaman bahwa jagung bukan hanya komoditas yang penting untuk ketahanan pangan nasional, tetapi juga berperan dalam variasi konsumsi masyarakat.

Dalam penjelasannya, Kolonel Infanteri Yanto Kusno Hendarto menekankan, selain beras dan umbi-umbian, jagung memiliki peran vital dalam mendukung program ketahanan pangan nasional tahun ini.

“Kami optimis bahwa setelah periode 90 hari masa tanam, kita akan dapat melaksanakan panen bersama dengan hasil yang memuaskan,” ucapnya.

Tidak hanya berfokus pada aspek pertanian, Sektor 6 juga memiliki harapan yang lebih luas.

“Kami berharap langkah-langkah yang kami ambil dapat dijadikan contoh oleh masyarakat di kecamatan Bale Endah, Dayeuh Kolot, dan Bojong Soang,” tambah Kolonel Infanteri Yanto Kusno Hendarto.

Pihaknya menginspirasi perubahan positif dalam pola pikir dan tindakan terkait ketahanan pangan di komunitas.

Dengan upaya berkelanjutan dan kolaborasi antara berbagai pihak, Sektor 6 Satgas Citarum Harum berharap dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk mencapai tujuan ketahanan pangan yang kokoh bagi Indonesia.

Penulis: TimEditor: Redaksi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *