Proyek Indonesia Arena di GBK Senilai Rp 640 Diresmikan Presiden Jokowi

  • Bagikan

Jakarta, Katafakta.com – Presiden Jokowi meresmikan Indoor Multifunction Stadium (IMS) atau Indonesia Arena di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Senin (7/8/2023). Pembangunan fasilitas ini dimulai sejak Desember 2021.

IMS berlokasi di Blok 10 Kawasan GBK Senayan di Jakarta, dengan lahan seluas 31.826 meter persegi milik Kementerian Sekretariat Negara di bawah pengelolaan PPKGBK. Adapun bangunannya seluas 50.398 meter persegi dan mampu menampung kapasitas penonton sebanyak 16.000 orang.

“Hari ini kita telah memiliki yang namanya Indonesia Arena, sebuah stadion dengan kapasitas 16.000 penonton kurang lebih. Dibangun dengan biaya Rp 640 miliar. Pembangunan ini selama 18 bulan, sangat cepat sekali,” kata Jokowi.

Pembangunan IMS dilaksanakan PT Adhi Karya-PT Nindya Karya-PT Penta (kerja sama operasi/KSO), dengan anggaran yang bersumber dari APBN melalui skema Kontrak Tahun Jamak atau Multi Years Contract (MYC) 2021-2023 senilai Rp 640,4 miliar. IMS telah diserah terima kelola ke PPKGBK pada Juni 2023.

Selain sebagai tempat penyelenggaraan piala dunia basket atau FIBA World Cup pada 25 Agustus-10 September 2023, IMS juga dapat dimanfaatkan untuk sarana olahraga lain seperti voli, bulu tangkis, tenis, MMA, atletik, dan lain-lain. IMS juga dapat difungsikan untuk sarana non-olahraga seperti konser, meeting, convention, maupun exhibition.
“Sekarang yang main konser silakan segera daftar, karena saya yakin ini akan lebih banyak digunakan untuk konser. Tapi saya lebih senang kalau digunakan untuk olahraga. Tapi konser juga penting, karena saya juga suka,” kata Jokowi.

Penulis: RedEditor: Redaksi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *