Kadis DKPP Kota Bandung Senang, Masyarakat Cibangkong Bisa Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Produktif

  • Bagikan

KOTA BANDUNG, KATAFAKTA.COM – Lembaga Permusyawaratan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cibangkong mengadakan acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XX di lahan Kelompok Tani Kota Mandiri (KTPM), Cibangkong, Batununggal.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, DPD LPM Kota Bandung, DPC LPM Kota Bandung, Camat Batununggal, Lurah Cibangkong, Karang Taruna Batununggal, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tim Buruan Sae Kecamatan Andir, Pembina KTPM, Forum RW, para RT, FKBN Kota Bandung, Forum Media Bersatu Indonesia (FMIB), dan Jaringan Wartawan Bhayangkara (Jawara).

BBGRM XX Kelurahan Cibangkong mengusung kegiatan penanaman pohon yang diawali oleh Kadis DKPP Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar. Acara tersebut juga melibatkan kegiatan bersih-bersih dan hiburan. Seluruh rangkaian kegiatan bertujuan untuk mendorong inovasi kreatif warga dalam mempertahankan ketahanan pangan, penanggulangan stunting, Buruan Sae, serta memanfaatkan lahan tidur.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala DKPP Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar, mengungkapkan kegembiraannya karena melihat partisipasi aktif masyarakat dalam berkolaborasi. Warga dengan tekad kuat memanfaatkan ruang publik atau lahan yang sebelumnya tidak produktif, kini telah berhasil ditanami dengan berbagai jenis tanaman yang berkaitan dengan program Buruan Sae.

“Ini tentunya sangat mendukung upaya Pemerintah Kota Bandung dalam membangun ketahanan pangan melalui pemanfaatan pekarangan dan lahan-lahan tidak produktif di sekitar pemukiman,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gin Gin menyatakan, semua RW di Kelurahan Cibangkong, tanpa terkecuali, berperan aktif dalam membangun dan menata masing-masing lahan Buruan Saenya.

Sementara itu, Lurah Cibangkong, Asep Supriatna, mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai lembaga dalam menyukseskan acara Buruan Sae ini.

“Saya berharap agar BBGRM terus berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya di Kelurahan Cibangkong dan umumnya di Kecamatan Batununggal,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Kelompok Tani Perkotaan Mandiri Kelurahan Cibangkong, Neneng Hesti Handayani, menjelaskan bahwa BBGRM menjadi momentum bagi masyarakat Cibangkong untuk bersinergi dengan LPM dalam mengembangkan KTPM Kelurahan Cibangkong.

“Awalnya, lahan ini kurang produktif. Namun, kini kami berupaya menciptakan wilayah Cibangkong yang asri dan nyaman. Oleh karena itu, lahan ini kami garap dan manfaatkan untuk ketahanan pangan warga Cibangkong,” terang Neneng.

Neneng juga menambahkan bahwa berbagai kegiatan telah dilaksanakan di lokasi tersebut, seperti penanaman cabai, budidaya lebah, dan berbagai tanaman produktif lainnya. Dengan sinergi yang terjalin, 13 RW berupaya bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Warga diharapkan dapat dengan mudah memanfaatkan hasil pertanian dari KTPM untuk kebutuhan sehari-hari.

“Dengan adanya BBGRM ini, kami berharap masyarakat semakin sejahtera. Misalnya, jika butuh sayuran atau kebutuhan lainnya, tinggal ambil saja di sini. Semoga lahan ini terus memberikan manfaat yang besar bagi warga,” tuturnya dengan semangat.

Penulis: Tim Editor: Redaksi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *