banner 728x250

Fahira Idris : Usai Baksos Donor Darah Tingkat Wilayah, Saya Akan Lanjutkan ke Tingkat Kecamatan

  • Bagikan
banner 468x60
banner 468x60

JAKARTA, KATAFAKTA.COM – Ormas Bang Japar dibawah Komando Fahira Idris kembali menggelar kegiatan Donor Darah yang ke lima dan dilaksanakan hari Sabtu 29 Mei 2021 bertempat di Ruang Serbaguna Masjid Assahara Kantor Walikota Jakarta Barat. Kegiatan yang diselenggarakan Ormas Bang Japar yang bekerjasama dengan PMI Provinsi DKI Jakarta.

Fahira Idris yang juga Anggota DPD RI mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama mensukseskan Kegiatan Donor Darah, alhamdulillah, Bang Japar Komwil Jakbar telah sukses membuat acara yang besar ini, terima kasih PMI dan seluruh timnya.

banner 336x280

Dirinya juga mengatakan, setelah menyelenggarakan untuk tingkat wilayah, Fahira akan gelar Baksos di tingkat kecamatan, begitupun seterusnya hingga ke tingkat kelurahan.

“Terima kasih Pemkot Jakbar dan seluruh tim kerjanya, Terima kasih Bang Japar beserta seluruh pengurusnya dan yang tidak kalah pentingnya, terima kasih pula para pendonor yang telah menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan dan terima kasih kawan-kawan Pers/Media yang meliput kegiatan kami dalam Bakti Sosial Donor Darah,” ucapnya.

Sekretaris PMI Provinsi DKI Jakarta Arief Rahman mengatakan pihaknya sangat apresiasi kegiatan yang digagas oleh ormas Bang Japar. Ditengah situasi pandemi Covid-19 ini, persediaan stok darah semakin menipis.

“Bang Japar melalui ibu Fahira Idris yang peduli kepada warga Jakarta melalui kegiatan Donor Darah apalagi saat ini kebutuhan PMI adalah sekitar 1000 – 1200 kantong darah per hari yang tidak boleh terputus. Kegiatan seperti ini sangat mendukung kebutuhan tersebut, karena di masa pandemi, orang-orang diminta untuk bekerja di rumah dan ada kekhawatiran akan terkena dampak Covid-19 saat dalam proses donor darah nantinya,” ucapnya.

Dikesempatan yang sama, Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto memberikan apresiasi yang tinggi atas kepedulian Fahira Idris selaku anggota DPD RI bersama ormas Bang Japar dalam mengadakan kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat termasuk donor darah ini.

“Sudah pasti kegiatan donor darah ink perlu di fasilitasi dan hal ini terbuka untuk siapa saja, baik secara pribadi maupun organisasi dan terbuka untuk warga Jakarta yang nantinya akan disimpan di Bank Darah. Jadi perlu adanya kolaborasi, apalagi bapak Gubernur Anies Baswedan untuk menjadikan Kota Jakarta, Kota Kolaboratif.

Pemerintah Jakarta juga sangat mengapresiasi atas ketaatan ormas Bang Japar dalam melakukan kegiatan donor darah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga acara bisa teeselenggara dengan baik. Kedepannya kegiatan sosial kemasyarakatan akan selalu mendapat atensi dan dukungan dari Pemda DKI khususnya Kota Jakarta Barat.

Pada saat pelaksanaan donor darah, protokol kesehatan Covid -19 memang betul-betul diterapkan dengan ketat. Peserta yang melakukan registrasi ulang tidak dibiarkan berjejal berdiri , melainkan disediakan tempat duduk yang terjaga jarak antriannya. Kemudian saat pengisian formulir juga diterapkan “Social Distancing”.

Secara teratur peserta diarahkan oleh panitia pengarah acara untuk ke ruangan gedung Serbaguna. Di ruangan inilah kegiatan donor darah dilaksanakan. Peserta donor juga masih melakukan tahap berikutnya yaitu pengecekan HB darah dan tensi darah. Setelah semua fase tersebut dilewati, maka pendonor akan diambil darahnya oleh petugas yang telah siap dengan kapasitas 12 set matras. Darah yang sudah diambil kemudian disimpan dalam box-box khusus penyimpan darah sementara untuk kemudian dibawa kembali nantinya ke PMI untuk dilakukan penyimpanan yang lebih layak.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Ketua Umum Ormas Bang Japar yang juga Anggota DPD RI Fahira Idris, SE.,MH. Selain itu hadir pula Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto, Sekretaris PMI DKI Jakarta Arief Rahman, Ketua PMI Jakarta Barat, Dewan Kota Jakarta Barat serta Komwil Bang Japar Jakbar Ahmad Fauzi beserta anggotanya.

Pewarta : Is Idris
Editor : Redaksi

banner 336x280
banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *