HUT Ke-16 RSJD – Siloam Hospital Cinere Terus Tingkatkan Pelayanan

katafakta.com Sebarkan Fakta Cerdaskan bangsa 26/09/2022 26 September 2022 https://katafakta.com
3 / 100

Depok (KATAFAKTA) – Memasuki usia ke-16 tahun, Rumah Sakit Jantung Diagram (RSJD) Cinere akan selalu dijadikan momentum peningkatan kualitas pelayanan. Pelayanan yang RSJD lakukan sudah pastinya didukung oleh sarana dan prasarana serta tenaga medis mumpuni dan berkelas internasional.

“Rumah Sakit Jantung Diagram ini adalah rumah sakit khusus, pelayanannya yang paling utama adalah jantung, tapi kami juga menyediakan layanan-layanan lain yang mendukung pelayanan jantung tersebut. Dan kami rumah sakit kelas B, jadi level Advance tindakannya itu cukup tinggi artinya kita bisa sampai menyelenggarakan pelayanan jantung yang levelnya Advance yang antara lain, Katerisasi Jantung, Operasi By Pass dan lain-lain,” jelas Direktur Rumah Sakit Jantung Diagram (RSJD) Cinere, Dr. Hoyi Siantoresmi, MARS saat ditemui di RSJD, Selasa (2/8/2022).

Kedepan, pihaknya akan terus berusaha melengkapi layanan-layanan tersebut supaya masyarakat itu bisa mendapat One Stop Solution untuk permasalahan jantung dan juga penyakit-penyakit lain yang menyertainya.

“Biasanya orang sakit jantung itu, sakitnya ga tunggal, biasanya ada penyakit lain yang menyertai, seperti Diabetes dan Hipertensi. Jadi kami juga menyediakan dokter-dokter yang bisa melayani pelayanan kesehatan diluar jantung tapi terkait dengan jantung,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga aktif melakukan edukasi-edukasi kepada masyarakat. “Kita tahu bahwa penyakit jantung (Kardiovaskular, red) ini masih menjadi pembunuh utama di dunia selain stroke.

“Kita ingin juga menjadi mitra pemerintah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai cara-cara hidup sehat, mengenai pencegahan penyakit jantung, supaya masyarakat ini tahu cara hidup yang benar dan sehat supaya terhindar penyakit jantung. Kita ketahui, bahwa penyakit jantung ini biayanya cukup besar,” katanya lagi.

Lebih lanjut katanya, di RSJD Siloam Cinere menerima pasien yang menggunakan program jaminan BPJS, tapi alangkah kalau masyarakat itu tahu bagaimana cara pencegahannya.

“Kami RSJD Siloam Cinere merupakan provider BPJS, jadi hampir semua penyakit jantung dan pembuluh darah di cover oleh BPJS bahkan sampai operasi By Pass, tapi memang ada syarat dan ketentuannya sesuai dengan regulasi BPJS. Jadi selama pasien tersebut keanggotaan BPJS aktif, tidak pernah menunggak. Pasti kita bisa layani disini dan tentunya mengikuti rujukan yang berlaku yang ditetapkan oleh BPJS. Dan banyak pasien-pasien yang terbantu. Tapi yang terpenting jangan mentang-mentang di ganti oleh jaminan BPJS, lalu tidak melakukan upaya-upaya pencegahan penyakit jantung,” urainya.

Pihaknya juga selalu semangat dan bersedia membantu komunitas, masyarakat, institusi memberikan edukasi-edukasi khususnya tentang penyakit jantung dan pembuluh darah.

Menurut data yang ada, bahwa RSJD penanganan keberhasilan operasi By Pass di RS Siloam Hospital ini mencapai 98,5%.

“Kami memang mengutamakan mutu dan juga kami betul-betul melakukan koordinasi dengan seluruh tim dokter, jadi pasien itu ditangani oleh tim, bukan oleh satu dokter, sehingga penanganannya bisa dilakukan secara berintegrasi.

Hoyi menambahkan, rencananya satu tahun kedepan, pihaknya akan menguatkan layanan bedah Torak dan Kardiovaskular.

Seperti diketahui, gedung RSJD terdiri dari 11 lantai dan didalamnya terdapat 33 tempat tidur serta sejumlah ruang perawatan berikut peralatan canggih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.